Kamis, Oktober 08, 2009

KONSTANTA PADA PEMROGRAMAN WEB

KONSTANTA

Apa yang dimaksud dengan konstanta? konstanta sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan variabel, yaitu sama-sama berguna untuk menampung data. Perbedaan terbesar antara konstanta dan variabel adalah nilai variabel dapat berubah melalui script, sedangkan nilai konstanta tidak dapat berubah sama sekali.

Contoh penerapan konstanta adalah untuk menyimpan nama perusahaan, alamat perusahaan, nomer telpon perusahaan, tanggal lahir seseorang, dll. Dari contoh diatas yang paling memungkinkan untuk menggunakan konstanta adalah nama perusahaan dan tanggal lahir. Sebab nama perusahaan tidak mungkin berganti kecuali dengan kasus tertentu misalnya pailit.

Bagaimana cara mendeklarasikan konstanta di php ?. Berikut ini merupakan sintaks untuk mendeklarasikan konstanta di PHP

define(” nama konstanta”, “nilai konstanta”);

Misalkan saya ingin mendeklarasikan konstanta nama perusahaan dengan nama perusahaan A, maka deklarasi konstantanya adalah sebagai berikut

define(”CompanyName”,”Perusahaan A”);

Apabila kamu ingin menampilkan nilai konstanta CompanyName maka gunakan perintah echo sebagai berikut :

echo CompanyName;

Satu hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan konstanta. Apabila kamu menampilkan nilai konstanta dengan menggunakan perintah echo, jangan menggunakan sepasang tanda petik dua atau sepasang tanda petik tunggal diantara nama konstanta. Hal ini akan menyebabkan PHP akan menampilkan nama konstanta dan bukan menampilkan nilai konstanta.

Tidak ada komentar: